Animated Blinking Gingerbread Man The Little Princess

March 28, 2018

TRIP TO HUA HIN 2D1N (Cara Naik Van, Destinasi di Hua Hin, Santorini Park dan Camel Republic)

Lanjutan dari post sebelumnya, kali ini aku bakal share tips untuk ke Hua Hin dan Santorini Park!
Cek post sebelumnya: BANGKOK + HUAHIN (Tips Transportasi di Bangkok, Hotel, Spot Foto di Bangkok + Itinerary Selama 6 Hari)

DAY 4 (4 FEB 2018)
• check out hotel jam 9
+ karena aku cuma satu malam di Hua Hin, jadi koper aku titipin di hostel yang aku nginep di Bangkok. Untungnya di hostel yang aku nginep sebelumnya ini mereka menyediakan tempat untuk simpen koper, 1 orang maksimal 2 koper saja.
• naik grab dari hostel ke mo chit terminal.
+ Kita iseng nanya ke reception hostel nya cara buat ke hua hin dengan van. Sebenernya aku uda tau cara nya dari baca baca blog, tapi untuk memastikan saja jadi nanya dia hehehe
Si reception ini bilang kita bisa naik dari victory monument, which is lebih dekat dari hostel kita. Tapi karena menurut blog yang aku baca, terminal di victory monument itu uda close dan pindah semua ke mo chit. Lalu si reception ini telpon temen nya, dan info dari blog yang aku baca ini bener.
Lalu dia bantu kita telponin si supir grab ini, trus dia tulis di kertas dengan bahasa thailand yang intinya kita mau naik van ke hua hin di mo chit terminal. Omg super nice kan! Dia juga tulisin harga tiket van nya 85 bath dan van ada setiap 15 menit.
• naik van menuju hua hin, dan lagi lagi orang sana super ramah. Driver grab kita turun dari mobil dan nanya ke orang yang ada disana dan bantuin cari loket tiket buat ke hua hin (cari yang tulisannya no.3)
Waktu tempuhnya sekitar 2.5 jam. Dan seperti van kayak jkt-bandung pada umumnya, supir van nya ngebut dan nyelip terus jadi siap siap mental aja yah.
tips sebelum naik van: jangan lupa ke seven eleven untuk beli minum, atau snack buat di jalan. Karena van ini gak kasi kita waktu istirahat, sempet si driver ini berhenti di rest area untuk isi bensin dan bagi yang mau ke toilet juga bisa tapi waktunya cuma bentar banget.
• Sampai di Hua Hin sekitar jam 12.30
Ini yang perlu kalian perhatikan, turun dimana! menurut blog yang aku baca, kita bisa minta si driver untuk turunin kita di penginapan kita. jadi sebelum van jalan, temen aku uda kasih unjuk alamat hostel yang akan kita nginepin dan dia cuma ngangguk aja. Udah masuk ke daerah hua hin, mulai banyak penumpang van yang turun di pinggir jalan. Kita mulai was was dan terus mantengin google map. Setelah kita liat google map, lokasi hostel nya ini udah deket banget sama tempat kita waktu ini (kondisinya van masih terus jalan) jadilah kita langsung stop-in van nya dan turun di pinggir jalan, karena kita sendiri gak yakin si driver yang gak bisa inggris sama sekali ini bakal turunin kita di hostel yang kita tuju.
Fun fact:
berniat untuk naik ojek yang ada di pinggir jalan, memang gak terlalu jauh si lokasi kita untuk ke hostel tapi karena waktu itu lagi panas banget kita mutusin buat naik ojek. Tapi.. waktu kita tunjukin alamat nya, si driver ngomong "oh it's not too far, you can walk".... Dan kayaknya cuma disana aja ada tukang ojek yang sepolos itu hahaha!
• Check in di Jetty Hostel Hua hin
karena waktu check in itu adalah jam 2 siang, sedangkan waktu itu masih jam 1an. Si tante & anak nya ini menyarankan kita untuk keliling dulu sambil nyari makan. Lalu kita nanyaiin ke mereka soal sewa motor, dan mereka ngebantu kita untuk nyewa motor. Harga sewa nya 250 bath untuk 1 motor dan bisa dipakai untuk 24 jam. Karena transportasi di hua hin ini agak kurang, cuma ada tuktuk aja dan itu juga cuma ada di tempat tertentu ajah, aku saranin kalian sewa motor atau kalian juga bisa sewa mobil+driver nya selama seharian. Dan kalian gak perlu repot nyari agent nya, karena si tante jetty ini bakal bantuin kalian. Mereka juga bakalan kasi tau kalian tempat mana aja yang menarik di Hua Hin, dan karena mobil-mobil disana itu pada ngebut parah kita gak berani buat bawa motor untuk jarak yang jauh. Jadi mereka kasi kita saran tempat-tempat yang lokasinya gak jauh. Pokoknya mereka tuh bener-bener ramah dan ngebantu kita banget disana, jangan sungkan untuk minta bantuan mereka yah!

• Setelah makan siang di dekat hostel dan masukin barang kita ke dalam kamar, tujuan selanjut kita adalah Seenspace.
Seenspace ini lokasinya ada pas di depan pantai, banyak cafe dan toko baju disana. Tempatnya tergolong kecil dan agak sepi pengunjung. Dan kita mutusin untuk makan di Oasis, yang mana mereka menghadap langsung ke pantai, ada pool dan long chair untuk sun bathing.
Untuk harga makanan di Oasis ini cukup mahal, seperti harga pada umumnya untuk beachclub yah.

• Cicada Night Market
Hanya buka pada saat weekend saja, isinya seperti chatuchak tapi lebih tertata rapih dan pengunjung disana kebanyakan adalah bule. Hua Hin ini kalau kalian perhatikan, wisatawan nya itu adalah para bule yang sudah berusia dan nyari tempat untuk bersantai.
• Sebelum kembali ke hostel, kita mampir ke pasar malam yang letaknya gak jauh dari hostel kita. Barang-barang disana harga nya tergolong mahal walaupun di kaki lima gitu, jadi aku gak beli apa-apa disana karena barangnya sama seperti di chatuchak/platinum.

DAY 5 (2 FEB 2018)
Niat awal kita adalah, bangun jam 6 pagi untuk liat sunrise dari rooftop hostel tapi itu semua gagal karena pada hari itu mendung!
Setelah bertanya-tanya sama tante jetty, kita memutuskan untuk pakai jasa anaknya buat menuju ke santorini. Karena lokasi santorini ini lumayan jauh dari Hua Hin, sekitar 30km. Untuk harga nya aku lupa pastinya, sekitar 200/250 bath untuk satu orang.
Dan juga tante jetty ini peka banget liat kita bawa banyak barang, dia bilang gak akan enak kalau kita foto sambil bawa barang banyak. Jadi, dia nyuruh kita untuk tinggalin tas kita di hostel dan dia bakal pesenin tiket van untuk kita balik ke bangkok. Kemudian sebelum van ini jalan dari hua hin, dia bakal bawain tas kita ke terminal dan taruh di dalam van yang udah dia minta tolong untuk nantinya bakal jemput kita di Santorini. Gak lupa, si tante dan anaknya ini minta id line kita untuk nantinya dia bakal kirimin kita no hp si driver van dan plat mobil van itu.
• Camel Republic Cha Am
Camel republic ini lokasi nya ada di sebrang santorini, dan jaraknya itu sekitar 1km dari camel-santorini. Sebelumnya anak tante jetty ini uda nunjukin kita lokasi santorini dan menyarankan kita untuk belit tiket lebih dulu, baru setelah itu ke camel republic karena dia bilang semakin siang akan semakin rame antrian untuk masuk ke santorini ini. gak lupa dia juga nunjukkin tempat yang nantinya si van bakal nunggu kita.
kalau kalian berencana buat jalan kaki dari camel - santorini, jangan lupa buat siapin masker yah! karena jalanan itu kayak jalan tol, banyak mobil truk yang lewat. Tapi kalian gak perlu khawatir cara untuk nyebrangnya, karena di depan santorini ini ada terowongan bawah tanah untuk nyebrang.

*Selain camel, ada Swish sheep farm juga yang terkenal. Tapi berhubung menurut kita jarak sheep farm ini jauh banget buat ke santorini jadi kita skip untuk kesana. Dan juga sheep farm ini konsepnya mirip sama farm house di Bandung guys.

Harga tiket masuk Camel Republic: 150bath/orang

• Santorini Park Cha Am
Setelah perjuangan jalan kaki dari camel-santorini ditambah terik matahari, akhirnya kita masuk ke santorini park. Harga tiketnya 150bath/ orang dan kalian bisa tuker tiket itu untuk main satu wahana disana. Dan aku saranin jangan datang pada saat jam makan siang, karena semua wahana tutup pada saat jam makan siang.

• Pukul 2.30 kembali ke bangkok
Tante jetty ini super baik banget, dia nelpon kita untuk mastiin kita gak lupa naik van jam 2.30 dan dia nyuruh kita untuk kabarin dia kalau kita udah ketemu dengan si driver van ini.
*aku kurang tau apa ada van dari santorini ke bangkok. tapi waktu kita lagi nunggu van untuk jemput kita, ada segrombol orang indonesia juga yang lagi sibuk nanya ke security tempat buat naik van ke bangkok dan mereka jalan ke arah parkiran santorini.

KOB KHUN KHA HUA HIN!

Ini merupakan ketiga kalinya aku traveling ke Thailand, dan sama sekali gak pernah bosen sama bangkok! Dan kali ini, selain bangkok aku memutuskan buat coba ke Hua Hin yang mana lokasinya itu gak jauh dari Santorini Park yang ada di Cha Am.
So, ini beberapa tips dan pengalaman yang bisa aku share ke kalian yang mungkin punya rencana untuk ke bangkok/ hua hin.

Perkiraan pengeluaran selama 6 hari di Thailand:
• tiket pp garuda jkt-bkk 2.8jt
Penginapan:
• Happy Monkey hostel Pratunam soi 15 (1-4 feb & 5-6feb)
Harga permalam nya sekitar 700k / 4orang
Dan disini kita diminta untuk kasih deposit yg nantinya akan di kembalikan saat check out (tapi aku lupa berapa)
Facility:
-free wifi,
-kamar mandi luar, di setiap lantai nya ada toilet berdasarkan gender (lt.3 toilet untuk laki-laki, lt.4 untuk perempuan. Masing-masing ada 3 shower room dan 4 toilet. Sedangkan lt.2 & lt.5 cuma ada satu toilet saja, dan bisa di pakai oleh wanita maupun laki-laki)
Beberapa hal yang aku suka dan kurang suka dari tempat ini:
+ karena kamar mandi nya banyak, kita gak perlu buang waktu buat saling tunggu giliran mandi (which is a good thing for ladies!). Kita ber4 dan cuma butuh waktu satu jam buat siap-siap. So, gak perlu bangun pagi buat rebutan kamar mandi.
+ di setiap kamar mandi nya di sediakan hair dryer jadi kalian gak perlu ribet bawa hair dryer kan!
+ staff di sana so friendly and helpfull! Ada dua staff yang saling bergantian jaga, dan inggris mereka cukup baik dan bisa di mengerti! Mereka juga ngebantu banget terutama waktu kita mau pesen grab (bakal aku jelasin di bawah)
+ gak jauh dari hostel ini, ada seven eleven
+ walaupun shared bathroom, tapi sama sekali gak jorok. Dan lengkap ada sabun&shampoo.
+ disetiap kasur, disampingnya ada power plug. Jadi kalau mau main hp sambil charge pas banget!
- gak ada lift! dapet kamar di lt.3 dan kita harus angkat koper kita sendiri. Beruntung nya, waktu mau check out ada cowok bule yang liat kita angkat koper dan di bantuin sama dia (yes!)
- lokasi nya cukup jauh dari jalan utama
- kamar disini pakai bunk bed (yah namanya juga hostel yah). Jadi yang tidur di atas yah agak rempong deh.
• Jetty Hostel Hua Hin (4-5 feb)
Harga permalam nya sekitar 150k / orang (bunk bed)
Kalian bisa cek facebook / instagram mereka dan bisa langsung reserve kamar via dm atau chat whatsapp, karena biasanya mereka ada special price untuk direct booking via socmed mereka.
+ lokasinya itu pas depan pantai, dan mereka punya rooftop yang instagramable banget, gak cuma rooftop aja bahkan tangga dan toilet mereka cute abisss

+ dan pemilik nya ini super super super friendly dan ngebantu kita banget selama disana.
- and also same like happy monkey, no elevator!
- karena hostel nya tergolong kecil (cuma ada dua kamar di setiap lantai) sayangnya di tiap lantai cuma ada satu kamar mandi aja.

• biaya makan: sekitar 200-250ribu/ orang (depends on where you are eat and how big your tummy yah guys!lol)
Untuk makanan di thai itu super murah, apalagi street food mereka. Dan kalau untuk makan di cafe harga nya sama seperti di jakarta sendiri. Tapi yang jadi daya tarik thailand sendiri kan street food nya, ya gak?

Info tambahan:
Menurut blog&vlog bangkok yang aku baca, kalau kalian mau nyari makanan yang murah kalian bisa ke food court di Terminal 21, turun di bts Asok. Harga makanan di sana bener-bener terjangkau. Aku sendiri belum pernah kesana.

• shopping
Ini sih tergantung pada diri sendiri yah. Hahaha
Tapi barang-barang disini jauhhh lebih murah dibandingkan di indonesia. Bisa 2-3x lipat lebih murah bahkan.

Buat barang-barang di platinum mall sekitar 200-500 bath. Di chatuckak market juga berkisar segituan. Untuk asiatique harga nya lebihh jauh mahal dan kualitas nya sama seperti platinum/chatuchak. Jadi, mending jangan belanja d asiatique yah!
Untuk di hua hin sendiri, barangnya juga lebih mahal (wajar sih, karena mereka juga dapet barang itu dari bkk kan).

DAY 1 (1 Feb 2018)
• jkt - bkk (sekitar 3 jam)
• mendarat di bandara suvarnabhumi.
fyi: di bkk ada dua bandara yah guys. Donmueang (biasanya untuk air asia,lion) dan suvarnabhumi (untuk maskapai garuda).
• Sim Card
salah satu hal yang penting banget di era global ini, Internet!
Kalian bisa cari counter sim card True Move ini di bandara suvarnabhumi maupun don mueng.
harga: 299 bath (bath pada saat itu 425 rupiah)
kalian udah dapet unlimited internet + 100 bath credit buat telpon. Ngebantu banget buat telpon grab/uber guys!
• naik bts dari suvarnabhumi airport - phaya thai.
Suvarnabhumi ini terhubung dengan Airport Rail Link, Karena waktu itu kita sampe udah sore dan itu lagi jam nya macet disana, jadi kita lebih milih buat naik bts. tujuan aku waktu itu ke pratunam, dan pemberhentian terakhir airport rail link ini di Phaya Thai.
Fyi: di dekat pratunam ada dua station terdekat, kalian bisa pilih turun di phaya thai atau ratchathewi station tergangung penginapan kalian lebih dekat ke mana.

- untuk bisa naik bts di bangkok, kalian gak perlu beli kartu kayak di singapore atau negara lainnya. Kalian cuma butuh uang koin (ada counter buat penukaran uang kertas ke uang koin), cari mesin tiket dan liat harga menuju station tujuan kalian berapa di fare information yang ada pas di sebelah mesin tiket.
Cr: google

Harga nya bisa dilihat dari nomor yang ada di sebelah nama station (contoh: mo chit 34 bath)

Atau kalau kalian mau lebih mudah, cari counter yang tulisannya TICKET COUNTER. Di situ kalian tinggal sebut aja tujuan dan jumlah tiket yang mau dibeli.

• turun dari phaya thai station, kita milih untuk naik tuktuk. 2 tuktuk untuk ber4, karena kita bawa koper yang cukup besar. (100bath/tuktuk). Jangan lupa nawar yah guys kalau naik tuktuk!
• check in di happy monkey hostel
• berhubung udah malam dan platinum mall uda tutup, jadi kita keliling di depan platinum. Tepat di depan mall platinum, kalian bisa nemuin banyak stand yang jual baju, aksesoris, dan juga makanan.
fyi, pratunam itu dekat dengan platinum mall, siam, dan central world. Itu lah sebabnya kenapa kalian bakal banyak nemuin orang indo disana.
• Talad Neon Night Market
Lokasinya gak jauh dari platinum. Kalian bisa naik tuktuk atau jalan kaki. Enaknya jalan kaki, sepanjang jalan menuju talad neon kalian bakal nemuin banyak kaki lima yang jualan baju dan street food! Dan pas banget di bawah jembatan penyebrangan deket sana ada yang jual rotee.

Ini semacam martabak telor kalau di indo, isinya banana + topping chocolate sauce & skm. (35bath)

• kembali ke hostel. Dari talad neon kita naik tuktuk (100 bath).

DAY 2 (2 Feb 2018)
• bangun jam 8, setelah breakfast + siap-siap jam 10 kita mulai jalan.
• Matchbox siam square soi 10, satu lantai dengan toko baju ini ada Pink Planter, cafe bernuansa pink yang lagi hits banget di instagram. Lokasinya pas di depan siam park.
Untuk kesini kita naik grab car, sempet di cancel sampai 4x sama driver nya. Sampai kita minta bantuan sama staff hostelnya untuk ngomong sama driver nya.
Driver grab car di bangkok beda banget gaya nya sama di jakarta, kali ini kita dapet driver cewek dengan gaya ala ala anak gaul bangkok. Lol. (Sayang gak sempet foto!) dan selama naik grab disana, kita selalu dapet mobil yang cukup bagus (mazda, yaris, jazz) gak mainstream kayak di indo avanza xenia mulu yah guys *eh

Matchbox + pinkplanter ini baru buka jam 12 siang, karena kita datang kepagian akhirnya kita keliling daerah sekitar sana. Gak jauh dari matchbox ada toko baju yang nuansa nya pink juga (sorry for male readers hehehe) namanya Cintage School, mereka jual baju-baju ala ala korea gitu dan harga ny terjangkauuuu sekali. Must visit place when you’re on siam area (for girls ;p). Dan harga baju di cintage itu sendiri lebih murah di bandingkan di matchbox sendiri.

• makan siang di random restoran yang lokasinya sederetan sama matchbox&cintage school. Mereka jual nasi hainam dan moo ping (sate babi) yang enakk parah.

Informasi tambahan:
Kalau kalian ke pink planter, kalian bisa jalan ke siam one & siam square. Disana ada line store (bisa foto sama brown!), toko macem sephora nya thailand kayak eve and boy dan juga cafe cafe eksis di bangkok kayak after you dessert, kamu tea (btw ini udah ada di jakarta sih), dan juga ada Mango Tango (tapi ini di luar mall nya yah). Trus juga di luar mall nya, kalian bisa nemuin banyak stand stand yang jualan aksesoris dan baju.

• menuju Wat Arun
Ada banyak cara buat ke Wat Arun dan temple lainnya kayak grand palace atau wat pho
1. Kalian bisa naik bts menuju Saphan Taksin, lalu turun dan naik boat. Ada banyak loket disana, kalian bisa tanya petugas sana dimana loket untuk ketujuan kalian.
Fyi. Kalau tujuan kalian ke asiatique, boat nya free! Boat nya ada di paling ujung, cari aja yang antriannya paling ramai atau bisa nanya petugas disana.
Dan untuk ke wat arun sendiri harga boat nya 50bath sekali jalan, sebenernya ini kalian bisa turun dimana aja gak cuma wat arun. Tapi harga nya tetep 50bath sekali jalan.
2. Cara yang aku pilih, naik grab car sampai Saphan Taksin dan naik boat.
3. Yang pernah aku denger dari orang yang pernah ngobrol bareng di pesawat, dari siam ada boat yang bisa langsung ke wat arun, dll. Menurut orang itu sih, ada tangga turun kebawah dari bts siam buat ke tempat naik boat nya (Kalian bisa cek ini di google, karena aku sendiri juga kurang paham).
Dua kali ke bangkok tapi aku gak milih cara ke3 ini, takut masuk angin juga yah. Dan alesan utama nya karena gak mau kena cipratan air sungai nya hahaha!

Buat masuk ke temple ada beberapa peraturan dalam berpakaian. Celana pendek, baju yang gak berlengan, dan celana jegging (ketat) gak di perbolehkan! Usahakan kalian udah pakai baju sesuai aturanny yah, kalau gak kalian juga bisa sewa kain disini seharga 20bath dengan deposit 100bath. Harga tiket masuk wat arun 50bath.

I know this is breaking the rules! lol karena aku gak suka banget foto pake kain 20 bath itu, tetep yah perjuangan demi feeds instagram 😂 ps: be carefull with the securtiy if you do the same thing like I do.

• pindah ke Asiatique
Caranya sama kayak kalian pergi, naik boat seharga 50bath. Di asiatique sendiri harga makanan dan barang-barang yang dijual lebih mahal daripada di platinum/chatuchak. Disana banyak cafe dan bar buat tempat nongkrong.

Salah satu brand terkenal yang ada disini adalah Mango Tango!! Memang harganya lebih mahal dibandingkan kalau kalian beli di counter nya yang ada di siam.

Harganya 185 bath kalau gak salah ingat. Dan ini superrrr enak!
* aku sendiri prefer makan mango sticky rice disini yang uda pasti enak. Karena pernah kejadian beli mango sticky rice random di pratunam seharga 100bath dan porsi nya kecil + rasany kurang.

• balik ke hostel, karena udah capek jadi kita pilih naik grab car. Kalau kalian gak mau repot order grab car, kalian juga bisa pesen taxi disana. Jalan aja ke arah pintu depan dekat parkiran, disana kalian bakal nemuin counter taxi. Dan taxi nya pake argo/meter, jadi gak perlu tawar menawar dulu deh.

DAY 3 (3 Feb 2018)
• Platinum Mall
• Siam Paragon Mall
Dari platinum mall, kalian bisa jalan kaki lewatin gang kecil yang ada deket Indonesia embassy (cek google map), atau kalian juga bisa lewat sky line/sky bridge (idk the name) yang naiknya dari sebelah starbucks platinum mall.
Siam paragon ini kalau di jakarta mungkin kayak GI/PI, yang banyak toko luxury brand. Disini juga ada supermarket nya, kalau kalian mau cari oleh-oleh makanan bisa banget kesana. Di lantai paling bawah nya ada food court yang harga nya cukup terjangkau. Dan sistem nya seperti eat&eat di jakarta, yang mana kalian harus isi uang ke kartu dan sisa uang yang ada di kartu kalian bisa di refund.
85 bath
Moo Ping!!!
• dari siam paragon, kita jalan ke cintage school buat beli baju yang kemaren gak jadi di beli trus kepikiran terus! LOL
• Chatuchak Weekend Market (alson known as JJ Market)
Buat ke chatuchak kalian tinggal naik bts menuju Mo Chit Station. Dari bts station kalian masih harus jalan agak jauh buat masuk kedalam area chatuchak ini, ikutin aja arah orang-orang kemana hehehe.
Chatuchak ini cuma buka pada saat weekend aja, dan selalu ramai. Tips buat ke chatuchak: karena disana panas banget, Jangan lupa pakai baju yg nyaman dan topi kalau kalian butuh. Lumayan susah buat cari tong sampah disana, jadi baiknya kalian bawa kantong plastik buat kumpulin sampah kalian.
Disana ada yang jual fishcake (otak otak) yang enak banget!

• kembali ke hostel dengan naik bts.
• setelah istirahat di hostel, kita memutuskan buat makan MCD yang ada di deket hostel karena bingung makan apa!
Tips lainnya dari aku, coba deh ke seven eleven disana. Banyak banget makanan yang menarik disana.
Yes, fast food & convenience store food to rescue.

• kita nyebrang ke platinum, niatnya mau beli aksesoris lagi di depan platinum yang ternyata uda pada tutup. Mereka tutup jam 10, jadi jangan sampe kalian kelewatan yah.
Mango smoothie Coco - Platinum Mall

DAY 4 (4 Feb 2018)
• check out hotel jam 9
• naik grab dari hostel ke mo chit terminal.
+ ini yang aku bilang sebelumnya, staff di happy monkey ini helpfull banget. Kita iseng nanya ke reception nya cara buat ke hua hin dengan van. Sebenernya aku uda tau cara nya dari baca baca blog, tapi untuk memastikan saja jadi nanya dia hehehe

Itinerary di hua hin + tips bakal aku share di post selanjutnya yah!

DAY 5 (5 Feb 2018)
• camel republic + santorini, Cha Am
• balik ke bangkok dengan van (lagi dan lagi di bantuin sama auntie hostel yang naluri ke ibu-an nya terasa sama kita! Hahahahaha (bakal aku share di post selanjutnya juga)
• turun di stasiun ekkamai
• mampir buat makan di ekkamai shopping mall
• balik ke hostel happy monkey dengan grab car
• check in dan taruh barang
Oia! Kalian bisa titip koper kalian di happy monkey, mereka ada ruangan buat penitipan koper dan maksimal 1 orang boleh nitip 2 koper aja. Jadi kita gak usah bawa koper kita waktu ke hua hin.
• Khao San Road
Atas saran si reception hostel yang kayaknya emang suka ke khao san yah hahahaha (if you know what i mean) kita memutuskan buat ke khao san road walaupun udah malem dan capek, berhubung last dah lah yah!
Perginya naik grab car, dan lucky us kita dapet driver yang bisa di bilang good looking (yes!) tapi sayangnya gak bisa inggris jadi gak bisa di ajak ngobrol😂. Kita ngelewatin temple-temple yang sepertinya kalau perkiraan gak salah kayaknya grand palace. Yes, karena khao san ini daerah nya dekat dengan wat pho, grand palace, dll.
Khao San ini fyi kayak legian di bali. Isinya penuh dengan bar dan bule bule. Banyak kaki lima dan street food nya juga.
Dan yang kita lakuin disana adalah, massage! Foot + shoulder massage 1hour 350/300 bath (kalau gak salah). Untuk belanja di sana aku gak recommend karena mereka buka harga parah banget, kalau bisa kalian nawar sebanyak banyak nya deh. Dan juga barang disana lebih ketipe para bule, kalau kalian pernah ke bali pasti tau banget deh model baju yang dijual di bali gimana.

DAY 6 (6 Feb 2018)
• sarapan di sab x2 (mie wonton yang terkenal banget), lokasinya ada di pratunam soi 19. cari aja yang ada spanduk tulisan “no branch in singapore”.
sepanjang jalan soi 19 itu banyak banget yang jualan baju dan makanan. Dan harga nya lebih murah dibandingkan di platinum. Mereka jual untuk grosir, tapi kalau mau beli satuan juga bisa.
• check out hotel
• otw suvarnabhumi airport
Kita pilih naik taxi yang mobilnya innova, karena kita ber4 dan koper kita cukup besar.
Driver nya patokin harga 700bath (include highway fee). Driver nya sih bilang kalau don mueng 500 bath, suvarnabhumi 700bath.

That’s all my 6 days trips to bangkok+huahin. Kalau kalian punya rencana buat jalan keluar negeri dengan budget yang pas-pas an, bangkok definetly is the answer! Bahkan kalau aku bisa bilang, biaya ke bangkok ini lebih murah dibandingkan kalau ke bali hehehe. Tapi, semuanya tergantung pada diri sendiri kita gimana ngaturnya.